Thursday 12 May 2016

Ini 6 pikiran negatif yang bikin kebahagiaan menjauh

 
Yang namanya manusia pasti pernah mengalami momen ketika pikiran-pikiran negatif menguasai pikiran. Itu adalah hal yang wajar selama kita bisa mengelola dan membatasi pikiran-pikiran negatif tersebut.
Yang jadi masalah adalah ketika kita membiarkan pikiran negatif bersemayam hingga berlarut-larut dan membunuh kebahagiaan kita perlahan-lahan.

Karena itulah, stop pikiran-pikiran buruk yang menguasai pikiran sekarang juga dan berhentilah jadi orang-orang yang tak bahagia. Ini beberapa pikiran-pikiran negatif yang menjadikan kita jauh dari kebahagiaan, dilansir dari Psychology Today.
  Hasil gambar untuk Berpikir Negatif
1. Merendahkan diri sendiri
Merendahkan diri sendiri yang dimaksud di sini adalah mengucapkan kata-kata yang secara tidak langsung mendorong kita untuk gagal. 'Aku tidak bisa', 'aku tidak cukup baik', 'aku pasti gagal'.

Kata-kata bersifat negatif seperti itu akan menjadi sugesti negatif untuk kita. Ketika orang lain mengucapkannya saja sudah cukup untuk membuat kita down. Apalagi kalau kita sendiri yang mengucapkan kata-kata itu kepada diri sendiri setiap hari.

2. Melihat sisi negatif dari segala hal
Pandanglah gelas yang dituangi air hingga setengah bagian dan katakan apa yang kamu pikirkan. Gelas yang setengah penuh atau gelas yang setengah kosong?

Kalau kamu memilih jawaban kedua, berarti kamu termasuk orang yang cenderung untuk melihat segala sesuatu dengan cara negatif. Ini bisa menghalangi kamu dari kebahagiaan dan kesuksesan.

Beda dengan orang-orang optimis yang memandang kesulitan sebagai tantangan dan tantangan sebagai kesempatan untuk meraih sesuatu yang lebih besar.

3. Membandingkan diri dengan orang lain
Bagus kalau kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang lebih sukses untuk melecut semangat. Tetapi kalau yang kita dapatkan dari membandingkan diri dengan orang lain cuma rasa iri, buat apa diteruskan? Hal seperti ini cuma akan membuat kita tidak bisa menyukuri hal-hal baik yang terjadi dalam hidup kita.

 4. Menyalahkan orang lain
Kadang diri kita merupakan sumber ketidakbahagiaan kita sendiri. Dan kita tidak akan bisa menemukan kebahagiaan selama kita gagal untuk introspeksi. Sebab kita lebih fokus untuk melemparkan kesalahan kepada orang lain.

5. Takut gagal
Kegagalan memang terasa menyakitkan. Tidak ada orang yang ingin merasakannya. Tetapi pada satu titik kita akan menemui kegagalan, dan seringnya kegagalan itu membawa kita pada hal lain yang lebih baik.

Tetapi kita tidak akan pernah mendapatkan kebaikan yang lain itu jika kita diam di tempat karena takut gagal. Pada akhirnya tidak melakukan apa pun karena takut terhadap kegagalan hanya membuat kita bersembunyi dalam cangkang yang semakin lama terasa semakin menyesakkan.

6. Sulit memaafkan
Hal paling sulit untuk dilakukan adalah memaafkan. Entah itu memaafkan kesalahan orang lain atau memaafkan diri sendiri. Namun ini adalah hal yang penting untuk dilakukan jika kita ingin jadi orang yang berbahagia. Sebab memaafkan adalah cara terbaik untuk move on dari semua keburukan dan kepahitan di masa lalu.

Itulah beberapa sikap negatif yang bakal membunuh kebahagiaan kita di masa depan. Yuk, kita belajar untuk menanggalkan semua pikiran ini dari kepala.

No comments:

Post a Comment